Cara Mengatasi Klik Kanan Dektop Windows 10 Lambat

Konteks menu desktop atau yang lebih dikenal dengan menu klik kanan desktop akan muncul ketika Anda mengklik kanan bagian yang kosong di desktop sistem operasi Windows dan akan menampilkan akses cepat ke pengaturan Settings, pengaturan tampilan dan icon, mode pengurutan icon, dan menu untuk membuat folder atau pintasan baru.
Klik Kanan Desktop
Klik Kanan Desktop
Semenjak dirilisnya Windows 10, yang mana sekitar sepuluh bulan yang lalu, beberapa pengguna mengalami kendala pada desktopnya yang salah satunya adalah kemunculan konteks menu desktop yang lambat. Menurut salah satu pengguna yang mengalami masalah ini, bug ini terjadi ketika ia mengklik kanan di area kosong desktop dan menu yang seharusnya muncul secara instan justru muncul sangat lambat, sekitar 4 detik.
Jika Anda juga mengalami masalah tersebut di Windows 10, disini AplikasiPC akan membahas cara mengatasinya. Menurut informasi resmi yang AplikasiPC dapatkan dari Microsoft, bug ini sering kali terjadi karena aplikasi yang di install dari pihak ketiga tidak cocok dengan lingkungan Windows 10, seperti contohnya Intel graphics card properties dan NIVIDIA Control Panel.

Memperbaiki klik kanan Windows 10 lambat

Ikuti langkah di bawah ini dengan hati-hati untuk menghapus registry yang dibuat oleh penyedia aplikasi pihak ketiga agar klik kanan desktop Windows 10 Anda kembali normal.
Cara 1 dari 2
Langkah 1: Di Start menu atau kolom pencarian yang ada di taskbar, ketik regedit lalu tekan Enter untuk membuka Registry Editor. Jika Anda melihat pesan konfirmasi User Account Control, klik tombol Yes.
Membuka Regedit di Windows 10
Membuka Regedit di Windows 10
Langkah 2: Setelah jendela Registry Editor muncul, cari kunci registry berikut ini:
HKEY_CLASSES_ROOT\Directory\Background\shellex\ContextMenuHandlers
Langkah 3: Di bawah folder ContextMenuHandlers, akan muncul beberapa folder anakan.
Kunci Registry GPU Intel
Kunci Registry GPU Intel
Langkah 4: Untuk menghapus kunci registry yang dibuat oleh Intel Graphics Properties dan Graphics Options, hapus folder igfxcui dan igfxDTCM. Caranya, cukup klik kanan folder tersebut lalu pilih opsi Delete. Klik Yes jika ada pesan konfirmasi muncul.
Namun jika Anda menggunakan GPU NVIDIA, hapus folder NvCplDesktopContext.
Kunci Registry GPU NVIDIA
Kunci Registry GPU NVIDIA
Langkah 5: Tutup jendela Registry Editor dan cek kembali apakah klik kanan sudah kembali normal. Jika belum, cobalah untuk merestart komputer Anda terlebih dahulu.
Metode 2 dari 2
Untuk Anda yang merasa kesulitan dengan metode 1, Anda dapat menggunakan aplikasi gratis yang dijuluki ShellExView untuk menghapus kunci registry di atas. Berikut adalah cara menggunakan ShellExView di Windows 10.
Langkah 1: Kunjungi halaman ini dan download versi terbaru dari ShellExView (link download ada di ujung bawah halaman).
Langkah 2: Extract file *.zip yang Anda dapatkan dari langkah 1 lalu jalankan aplikasi shellexview.exe (klik Yes jika konfirmasi User Account Control muncul).
Langkah 3: Setelah jendela aplikasi ShellExView terbuka, untuk beberapa saat ShellExView akan mencoba memindai kunci registry Anda.
Langkah 4: Terakhir, cari entri dengan nama NVIDIA CPL Context Menu Extension lalu klik kanan dan pilih opsi Disable.
ShellExView GPU NVIDIA
ShellExView GPU NVIDIA
Namun jika Anda menggunakan GPU Intel, di bawah Extensions cari dua entri dengan nama TheDesktopContextMenu Class dan TheDesktopContextMenu Class lalu klik kanan dan pilih Disable. Restart komputer Anda untuk melihat perubahan.
Semoga tutorial di atas dapat membantu Anda.

No comments:

Post a Comment